MBAHMARDI
changes for improvement

Makanan dan Kehamilan

Label:
Sampai saat ini banyak diantara kita yang beranganggapan bahwa seorang perempuan yang sedang hamil wajib mengkonsumsi segala jenis makanan karena mereka tidak hanya makan untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk bayi yang ada di dalam kandungannya. Kenyataannya, anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Saat hamil, seorang perempuan harus tetap memperhatikan makanan yang ia konsumsi agar bayi yang dilahirkan dalam kondisi sehat dan terpenuhi segala macam nutrisi untuk tumbuh kembang sang bayi. Tidak ada sesuatu yang mutlak dalam pemilihan jenis makanan ini tapi ada beberapa hal yang dapat dipakai sebagai patokan.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah, seorang perempuan hamil harus cukup mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat dan vitamin B kompleks. Kedua jenis makanan ini bahkan harus dikonsumsi sebelum seorang perempuan hamil atau saat yang bersangkutan merencanakan untuk hamil. Asam folat dan vitamin B kompleks diperlukan saat pembentukan sel sel saraf terutama pada masa awal kehamilan. Peningkatan konsumsi kedua zat ini terbukti dapat meningkatkan pertumbuhan bayi secara signifikan.

Zat lain dari makanan yang dibutuhkan perempuan hamil adalah protein. Sebagai zat pembangun, protein terutama dibutuhkan saat pembentukan sel tubuh dan sel darah. Jenis makanan yang banyak mengandung protein adalah daging, telur dan kacang kacangan. Selain mengandung protein, daging merah juga banyak mengandung zat besi yang berguna untuk pembentukan sel dan mencegah terjadinya anemia baik bagi sang ibu maupun bayinya.

Perempuan yang sedang mengandung juga harus mengkonsumsi karbohidrat yang cukup. Karbohidrat merupakan bahan bakar pembentukan energi untuk aktifitas sehari hari. Saat hamil, peningkatan berat badan dan perubahan hormonal menyebabkan seorang perempuan membutuhkan energi ekstra. Meskipun demikian, perempuan hamil juga harus tetap menjaga keseimbangan energi di dalam tubuh dengan cara rutin melakukan olah raga yang khusus diperuntukan bagi perempuan hamil.

Disamping protein dan karbohidrat, perempuan yang sedang hamil juga harus senantiasa mengkonsumi makanan yang mengandung vitamin dan mineral. Seperti kita ketahui bersama, kalsium merupakan bahan yang sangat penting untuk pembentukan tulang, juga untuk fungsi sel sel saraf. Vitamin A, C, B12, D dan lain lain diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit dan tulang serta menjaga fungsi sel sel saraf. Vitamin vitamin ini dapat dengan mudah kita temukan pada sayur sayuan dan buah buahan.

Akhir kata, makanan yang dikonsumsi perempuan hamil harus seimbang gizi dan sehat. Banyak perempuan hamil yang beranggapan bahwa saat makan mereka sejatinya makan untuk dua orang, nyatanya mereka hanya membutuhkan tambahan 300 kalori untuk bayi yang dikandungnya. Jadi, pastikan tambahan 300 kalori tersebut merupakan makanan yang bergizi dan sehat.
0 komentar:

Followers


Daftar Favorit